Selasa, 04 Maret 2014

Pulau Samber Gelap, Pulau eksotis di Kalimantan selatan

Secangkir kopi hangat dan sebatang rokok cukup untuk pagi ini menemani saya untuk sedikit menceritakan pengalaman saya berlibur di bumi saijaan "Kotabaru" yang tepatnya berada di kalimantan selatan.
berawal dari ketidaksengajaan saya membaca sebuah artikel dari internet mengenai Pulau Samber Gelap, pulau yang tersembunyi yang ada di kotabaru membuat saya penasaran dengan keindahan pulau tersebut.
Dan dengan secara tidak sengaja juga saya mendapatkan kenalan nama nya Auda, dia banyak memberikan informasi tentang wisata yang yang ada d kotabaru dan dia bersedia membantu kalo mau pergi ke pulau samber gelap,  setelah saya memikirkan masalah biaya yang kira2 di perlukan akhirnya saya memutuskan untuk pergi kesana
Singkat cerita saya berusaha membujuk beberapa teman saya agar mau ikut berlibur menuju samber gelap,tidak terlalu banyak yang menanggapi serius untuk mau pergi ke kotabaru karena jarak yang terlalu jauh dan biaya yang belum pasti,akhirnya ada 1 teman saya yang bersedia menemani saya untuk pergi menjelajahi pulau samber gelap hehe
Tepatnya tanggal 24 januari 2014 kami merencanakan untuk pergi kesana,sehari sebelumnya kami mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan selama disana, setelah kami packing kami bermalam di rumah teman kami di pelaihari, keesokan hari nya tepatnya jam -6 pagi kami berangkat dari pelaihari menggunakan sepeda motor menuju kotabaru,kondisi jalan pada waktu itu sedikit licin dan hari nya pun masih gerimis karna baru selesai hujan tidak bisa dibayangkan betapa dinginnya pagi itu namun karna tekad kami sudah bulat untuk pergi kami pun tetap berangkat.
dengan keadaan perut yang lapar karna pada waktu itu kami belum sempat sarapan kami akhirnya singgah di sebuah warung nasi kuning di jorong kalo gak salah nama warung tersebut "warung mamalia" makanan disitu lumayan enak dan ternyata cukup murah hanya 10 rb + segelas teh hangat,setelah kenyang kami pun melanjutkan perjalanan lagi

 Kondisi motor setelah menempuh hujan

setelah menempuh sekitar 6 jam lebih perjalanan tepatnya jam -12 siang, akhirnya kami tiba di pelabuhan batulicin kami lalu membeli tiket untuk 1 buah sepeda motor dan 2 orang dewasa, biaya pada waktu itu 25 rb
Biaya tiket ferry penyebrangan Batulicin - Tjg Serdang Kotabaru

Tidak menunggu berapa lama kami segera naik kapal ferry tersebut karna kebetulan kapal tersebut baru bersandar setelah menunggu penumpang naik dan penuh kapal ferry pun segera berangkat menuju pelabuhan tanjung serdang kotabaru.

Pemandangan dari atas kapal ferry

Kurang lebih 30 menit kami menyebrang laut dengan menggunakan ferry kami tiba di pelabuhan tanjung serdang kotabaru.
perasaan bingung pun di mulai karena di depan kami ada simpang 3 kami tidak tahu jalan sama sekali dan keadaan disana sangat sepi mungkin karena hari jum'at orang menghentikan aktivitas nya sesaat, untung lah ada penunjuk jalan yang memberitahukan, kami mengambil jalan belokan kekiri karna kekiri menuju pusat kota yang berjarak sekitar 43 km dan lokasi terdekat untuk menuju pulau samber gelap kita harus menuju pusat kota dulu sedangkan belokan ke kanan menunjukan arah ke lontar.
setelah menempuh perjalanan sekitar kurang 15 menit kondisi jalan mulai mengkhawatirkan, ada beberapa jalan yang rusak meskipun tidak begitu parah namun cukup mengganggu karena jalanan disana turun naik gunung sayangnya kami tidak sempat mengabadikan kondisi jalan di daerah tersebut, disana kami hanya menemukan hutan dan gunung didaerah sana masih sedikit penduduknya namun udaranya sangat sejuk dan tenang.
Di tengah perjalanan kami menemukan banner yang keren.
Apakah ente ada yang merasa mirip gan ?? wkwk becanda

Next, akhirnya kami tiba di pusat kota, pemandangan disekitar sangat menakjubkan kotanya nya lumayan bersih dan padat penduduk.
selanjutnya kami segera mencari penginapan yang di beritahukan oleh teman saya yang katanya berada tepat di depan siring laut, sesampainya disana kami langsung memesan kamar untuk 2 orang dan harganya pun relatif murah hanya 50rb untuk 1 orang dan 65rb untuk 2 orang dalam 1 kamar.
kami di antar menuju lantai 2 dan sekali lagi disini pemandangan nya cukup indah karena bersebrangan dengan siring laut meskipun kamar nya agak sedikit seadanya ya lumayan lah buat istirahat namanya juga murah hehe.

Pemandangan di depan penginapan

Akhirnya kami dapat melepas lelah setelah kurang lebih 7 jam menempuh perjalanan,sekitar 1 jam kami beristirahat saya mengajak teman saya untuk berkeliling melihat keadaan kota di sekitar penginapan.
Bercengkrama dengan warga sekitar

Di depan siring laut





Sunset di pelabuhan 4 Serangkai


Setelah lelah  berkeliling akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke penginapan untuk beristirahat.
sekitar pukul 08.00 kami keluar kamar dan santai di balkon penginapan sambil melihat lihat keramaian aktivitas warga kotabaru di siring laut tepat di sebrang penginapan kami




Suasana di depan penginapan (siring laut)


Keesokan hari tepat jam -5 subuh saya terbangun dari tidur saya dan saya tidak lupa segera membangunkan teman saya untuk segera bersiap-siap untuk packing, setelah semuanya telah siap di packing kami segera turun ke bawah karna di bawah ada mba auda yang sudah menunggu.
terlihat auda membawa bakul berisi penuh makanan dan termos berisi air panas yang katanya buat bekal kami selama di pulau samber, waah mba auda ternyata baik banget orangnya mau repot-repot demi kami hehe
selanjutnya kami berjalan kaki dari penginapan menuju pelabuhan 4 serangkai (jaraknya lumayan dekat) saya pikir pagi itu sangat dingin cuacanya eh ternyata tidak sedikitpun saya merasa kedinginan.
sesampainya di pelabuhan terlihat kapal balapan milik seorang nelayan menghampiri kami, ternyata itu abang hendra, beliau adalah joki kapal yang akan mengantar kami ke pulau samber, setelah saya dan teman saya sudah menaiki kapal, kami tidak lupa berpamitan dengan auda yang tidak bisa ikut katanya sih berhalangan, kalo orang berhalangan katanya pantangan untuk kesana. pantangan apa takut nih mba :p wkwk
Lets Goo !!


 
 

 







Pemandangan disekitar laut

Setelah kurang lebih 3 jam kami menempuh perjalanan laut dengan menggunakan kapal balapan, terlihat samar dari sebuah pulau cantik di tengah laut, Yapsss SAMBER GELAP !








Setelah kapal berlabuh di pinggiran pulau, saya segera turun dan menginjakan kaki saya di pulau cantik tersebut, tidak lupa saya segera meminta izin kepada penjaga pulau ya pada saat itu bernama pak rahmadi untuk beristirahat dan menjelaskan tujuan saya berkunjung ke pulau ini.
Dan ternyata pak rahmadi orangnya sangat welcome, beliau menjelaskan tentang keindahan di sekeliling pulau samber, saya disuruh beristirahat di sebuah rumah yg beliau tinggali,di kasih air mineral dan disuguhi beberapa biskuit.
beliau bercerita beliau hanya tinggal berdua bersama 1 orang temannya yang juga bertugas sebagai penjaga mercusuar di pulau samber gelap, kalo di pulau seberang tepatnya pulau penyu terdapat beberapa orang nelayan yang tinggal dan penjaga resort disana terlihat beberapa anak kecil bermain di pinggir pantai, mungkin ada beberapa keluarga yang tinggal disana.
tidak menunggu lama saya segera meminta izin kepada pak rahmadi untuk mengelilingi pulau tersebut dan beliau mempersilahkan saya,kata beliau yang penting hati-hati karna banyak batu-batuan terjal di sekeliling pulau saya pun segera pergi.















Setelah puas berkeling + mengabadikan keindahan disetiap sudut pulau saya segera melepaskan baju saya karna saya sudah tidak sabar lagi ingin merasakan kejernihan air laut di sekitar, namun tidak beberapa lama ada seorang nelayan yang mehampiri saya kata beliau kalo mau nyebur liat-liat takutnya ada pari sama hiu wah serem juga nih dengan sedikit perasaan was-was saya pun tetap menceburkan diri ke air namun saya tidak terlalu mengambil resiko untuk berenang terlalu jauh.










Setelah puas berfoto foto ria di sekitar pantai saya segera bergegas packing dan berpamitan kepada pak rahmadi dan juga temannya untuk pulang, beliau sangat menyayangkan kami pulang karena beliau berharap kami bisa menginap disini saja untuk malam karena beliau ingin memperlihatkan keindahan pulau disaat surut dan mengantar kami melihat penyu yang hanya ada pada malam hari, saya pun hanya bisa tersenyum dan menjawab mungkin lain kali saya akan kembali lagi untuk menginap disini kata saya, saya memang tidak menyusun jadwal untuk menginap di karena kan jadwal kuliah yang padat. setelah berpamitan dengan para penjaga pulau suar kapal kami pun segera pergi meninggalkan pulau tersebut namun sebelum pulang kami menyempatkan diri untuk bersinggah di pulau penyu untuk mengabadikan sedikit keindahan di pulau tersebut















Terimakasih keindahan nya Bumi Saijaan Kotabaru, Saya akan sangat merindukan suasana ini lagi. See You Next Trip :D

62 komentar:

  1. ada contact yang bisa dihubungi bro? untuk nyebrang ke pulau samber gelapnya terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice info broo!
      kira-kira kalo dari pelaihari sampai ke pulau samber gelap habis biaya berapa tuh bro? sama nitipin motornya dimana?

      Hapus
    2. ane kemaren kurang lebih 800rb an bro buat penginapan , bensin makan sama carter kapal
      kalo untuk penitipan motor bisa titip di penginapan aja

      Hapus
    3. ane mau ikut klo ada yg mau ksna, smoga jdwal nya pass

      Hapus
  2. Ane kemaren cuman 100rb bro buat beli bensin motor , nitipin motornya di penginapan aja (sebrang siring laut) biar enak di jemput kapalnya di depan penginapan

    BalasHapus
  3. aku pgn dpet sunrise di pulau samber gelap.. bgusnya berangkt jm brapa dari martapura ?please info

    BalasHapus
  4. berapa hari itu dari berangkat sampai baliknya ? info

    BalasHapus
  5. Mantap Brow, lain kali klw kekotabaru kabarin kita

    BalasHapus
  6. Asna : kalo pengen dapet sunrise disana kayaknya musti nginep disana mba hehe
    Fajar Viki : saya kemaren 3 hari total sama pp nya
    Blogger : hehe siap mas

    BalasHapus
  7. Nyebrang dari kotabaru ke pulau samber gelap nya berapa duit Om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kemaren 1,1 jt om, kurang tau kalo sekarang berapa denger denger sih udh naik

      Hapus
  8. Broot : boleh minta kontak mas nggak, mau tanya2 nih tentang samber gelap email aja yah shendynew10@gmail.com :D help yaa

    BalasHapus
  9. Mas numpang nanya ya soalnya Insha Allah habis lebaran ada rencana mau kesamber gelap bareng teman2 kantor. Kondisi koralnya bagus nggak disitu Mas trs ijin sama Pak Rahmadi itu jauh2 hari atau pas udah nyampe disono....makasih ya....mohon infonya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi coralnya bisa cek disini mas http://www.kotabarukab.go.id/wisata/24-wisata-pulau-samber-gelap.html
      untuk izin saya kemaren onthespot aja mas itu buat yg di pulau sawa ( pulau yang ada suar nya ) kalo yang di pulau samber nya kurang tau sekarang izin nya kaya gimana

      Hapus
    2. Mksh bro infox.barusan td nlp p hendra nanya kapal tarif 2jt klo bulik hari alias kd mnginap.klo mnginap tarif kapalx 3jt maksimal 8org jar.brati mas fandy tu 1.1jt murah bnr lah.tu urg brp ikung?aku rncna insyaallah hbs hr raya hdk ksna bmlm adakh kwn yg ksna lh.aku bdua aja.klo ai kw gabung.

      Hapus
    3. iya mas kebetulan kemaren waktu pergi k samber pas belum booming booming kayak sekarang, jd harga nya masih standart malah ada sempet denger cerita kemaren ada yg pergi kesana sebelum kami kesana cuman 750rb aja buat bayar speedboat
      nah kdd jadwal kesana pang soalnya masih hauran banar kna pang dedangar habar kalo kalo ada kekawanan yg handak ksana hehe

      Hapus
  10. handak umpat jua nah, siapa rombongan handak tulak, unda handak umpat bekajal. mun sorangan asa koler, masa unda tulak sorangan, rami mun banyak orang wan jua biaya carter kapal tamurah, apa patungan kalo? serius ne handak umpat aku.

    BalasHapus
  11. mantappp!!!!! keren bingits bro

    BalasHapus
  12. kira" perjalanan kesana dari Banjarmasin sampai dipantainya perlu berapa hari ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. bjm - ktb sekitar 7-8 jam dari ktb - pulau samber sekitar 3 sampai 4 jam tergantung laju kapal dan gelombang mba

      Hapus
  13. Coba ke Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit lebih mantabh...
    Sebelah barat Pulau Laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah udah 2x mampir ke teluk tamiang mas, terumbu sekitar teluk tamiang - tanjung kunyit dan tanjung kunyit pkoknya the best

      Hapus
    2. Lebih keren mana utk spot terumbu karangnya antara tanjung kunyit-teluk tamiang dibanding samber gelap???

      Hapus
    3. Lebih keren mana utk spot terumbu karangnya antara tanjung kunyit-teluk tamiang dibanding samber gelap???

      Hapus
  14. gan ada nomer yang bisa di hub untuk carter speadboad atau kapal nelayan? infonya gan :)

    BalasHapus
  15. Hallo mas .. Kbtulan kmrn uda email mas fandy .. Ditunggu blsnnya ya .. Makasih

    BalasHapus
  16. Lewat desa sekapung aja dansanak 30 menit naik speed.. Kotabaru -sekapung 1.30 menit naik speed..

    BalasHapus
  17. Naik kapal atau yang biasa masyarakat sini bilang balapan 1 jam ke samber gelap.. biaya relatif murah kesana.. saya sarankan kalo mau ksana menginap smalam supaya dpt ketemu penyu bertelor...

    BalasHapus
  18. Naik kapal atau yang biasa masyarakat sini bilang balapan 1 jam ke samber gelap.. biaya relatif murah kesana.. saya sarankan kalo mau ksana menginap smalam supaya dpt ketemu penyu bertelor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap sanak, dulu pernah punya rencana lewat sekapung cuman belum terlaksana, btw. pian org sebuku kah ?

      Hapus
    2. Asli org kandangan... tapi kerja d sebuku tepatnya d desa sekapung..

      Hapus
    3. Asli org kandangan... tapi kerja d sebuku tepatnya d desa sekapung..

      Hapus
  19. Lewat desa sekapung aja dansanak 30 menit naik speed.. Kotabaru -sekapung 1.30 menit naik speed..

    BalasHapus
  20. sdh ada wahana spt water sport gitu gak disana

    BalasHapus
  21. Yang saya kesana ada wahana water sportnya tapi punya pengusaha batulicin untuk pribadi mas.. heeee

    BalasHapus
  22. Yang saya kesana ada wahana water sportnya tapi punya pengusaha batulicin untuk pribadi mas.. heeee

    BalasHapus
  23. Pengen bangeeet ksana. tp tiba-tiba pesimis setelah dengar katanya kalo ksana harus pukul 2 malam, bener ga sih?

    BalasHapus
  24. No hp atau kontak paman kapal ad ?

    BalasHapus
  25. Mas bisa minta no kontak penginapan sama paman spedboot nya ? Kirim ke bladesandisk@gmail.com .. rencanya saya ama temen" juga mau liburan kesana .. terima kasih sebelumnya mas ...

    BalasHapus
  26. mas kirimin juga yah di email: ernam@rocketmail.com kasih judul aja samber gelap :D thanks masnyah

    BalasHapus
  27. aku hndk ke samber gelap nh hbs lebaran ini
    yang pengen ikut hub. 082250212773

    BalasHapus
  28. Bro minta no hp kapal yg disana...tlg kirim ke emailku hamka0234@gmail.com

    BalasHapus
  29. Bro minta no hp kapal yg disana tlg kirim ke email ini yg diatas emailnya salah hamka0654@gmail.com

    BalasHapus
  30. Just info kesana jika dari Banjarmasin bisa lanjut naik Pesawat Wings/Kalstar kisaran harga 300.000-450.000 tergantung season kemudian lanjut naik angkot ke Kotabaru atau di jemput naik Speed Boat dari pelabuhan disamping Bandara Stagen, harga Speed Boat dari Kotabaru ke Samber Gelap 1.500.000 PP (Carter) muat 5-6 orang.

    Alternatif ke-2 bisa dari Banjarmasin bisa naik Jhonlin Air Transport ke Bandara Batulicin kisaran harga 450.000-500.000/org lalu dilanjutkan naik Speed Boat dari Batulicin ke Samber Gelap 2.500.000 PP (carter) muat 5-6 orang. Juga bisa gunakan alternatif ini bagi yang domisili di Batulicin.

    Rencana saya Akhir April 2016 atau awal Mei 2016 akan ke sana, jika ada yang mau join biar sharing cost (saya posisi di Batulicin) silakan kontak WA saya di 081348802388.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa nih, aq baru kerja dsini, mau coba ke samber gelap. boleh gabung ga?

      Hapus
  31. Wah saya rencana long weekend maret ini mau ke sana mas, cari temen jg biar sewa boatnya lebih murah, hehe.
    Rencana brgkt via Bjm, kalstar 270rb, tgl 25 maret 2016.
    Buat yg berencana ke samber gelap di tanggal yg sama, bisa kontak saya WA 085649600765..

    BalasHapus
  32. Wah saya rencana long weekend maret ini mau ke sana mas, cari temen jg biar sewa boatnya lebih murah, hehe.
    Rencana brgkt via Bjm, kalstar 270rb, tgl 25 maret 2016.
    Buat yg berencana ke samber gelap di tanggal yg sama, bisa kontak saya WA 085649600765..

    BalasHapus
  33. Berminat ke Samber Gelap ??? Hubungi kami ya... Utama Jaya Transport, 085349040790 - 0511 3276440. https://www.facebook.com/profile.php?id=100011621012097 Thanks...

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Mohon minta info kontak penginapannya.
    Email ichi.tammy@gmail.com
    Atau sms/wa 085248535331.
    Terimakasih banyak ({}) =-d

    BalasHapus
  36. Woww... nice trip lah ya kayanya... pengen kesana donk. Yg mau rombongan perginya contack aku yaa..

    BalasHapus
  37. Woww... nice trip lah ya kayanya... pengen kesana donk. Yg mau rombongan perginya contack aku yaa..

    BalasHapus
  38. klo mau nyari perahu balapan silakan kontak 081346440215 aku tinggal d desa rampa kotabaru.thnks

    BalasHapus
  39. sekarang ane lg dinas di Kotabaru untuk beberapa tahun ke depan.. mungkin ada agenda ke sana lagi mas? hubungi saya boleh juga klo mau ngetrip lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dinas di kotabaru kah mas dadang, saya mau trip ke samber gelap nih. saya asal banjarbaru

      Hapus
  40. Lucky 15 Casino - Mapyro
    Find the best slots, table games, poker 경주 출장안마 tables, and more at 성남 출장샵 the Lucky 15 Casino 동해 출장마사지 in Tunica Mississippi. 논산 출장안마 Get 대전광역 출장안마 directions, reviews and information for Lucky 15 Casino in

    BalasHapus